citoxpress.com

Image1\
Hari Pahlawan
Tuesday, 03 November 2020 10:44

Bung Tomo

Merdeka atau mati merupakan penggalan kalimat dari pidato Bung Tomo yang membakar semangat bambu runcing melawan baja dan besi yang bisa melontarkan timah panas.

Berkibarnya bendera merah, putih, dan biru pada tanggal 18 September 1945 pukul 22:00 di atas Hotel Yamato Surabaya merupakan sebuah penghinaan bagi Bangsa Indonesia yang sekaligus menjadi pemicu pecahnya peperangan terbesar sepanjang sejarah di Indonesia.

 

kain biruPerobekan kain warna biru pada bendera yang telah berkibar di atas Hotel Yamato oleh pemuda Indonesia merupakan bentuk perlawanan yang sangat keras dari Bangsa Indonesia. Walaupun salah satu pemuda Indonesia bernama Sidik tewas ditangan Tentara Belanda, akan tetapi semangatnya tidak akan pernah tewas dan bahkan menular ke seluruh pemuda Indonesia.

27 Oktober 1945 merupakan awal meletusnya pertempuran antara Indonesia melawan tentara AFNEI(Allied Forces Netherlands East Indies). Perang yang semakin membesar dan memakan banyak korban, membuat Jendral D.C. Hawthorn meminta bantuan kepada Ir. Soekarno agar melakukan gencatan senjata. 29 Oktober 1945 pihak Indonesia dan pihak Inggris sepakat melakukan gencatan senjata. Namun, bentrokan tetap terjadi antara kedua belah pihak bahkan sampai menewaskan Brigadir Jendral Mallaby yang merupakan Brigadir Jendral Britania pemimpin tentara Inggris di Jawa Timur.

Pertempuran Surabaya09 November 1945 pihak Inggris mengultimatum Bangsa Indonesia melalui pamflet- pamflet yang dijatuhkan dari pesawat terbang pihak Inggris yang berisi bahwa semua pimpinan dan orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya di tempat yang telah ditentukan oleh pihak Inggris dan menyerahkan diri dengan mengangkat tangan ke Jalan Batavia dengan batas waktu sampai dengan 10 November 1945 jam 06:00 pagi. Ultimatum tersebut pun dijawab oleh seluruh Bangsa Indonesia melalui pidato Bung Tomo yang pada intinya bahwa "selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih merah dan putih, maka selama itu Bung Tomo tidak akan kita mau menyerah kepada siapapun juga".

Dengan gagah berani Rakyat Indonesia melawan negara pemenang Perang Dunia kedua dari darat, laut, dan udara untuk mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). 6.000 – 16.000 pejuang dari Indonesia gugur dalam pertempuran tersebut dan 200.000 rakyat sipil lainnya mengungsi dari Surabaya. Banyak pejuang dan rakyat sipil yang gugur menjadi korban 10 November 1945 yang kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan.

Implementasi Hari Pahwalan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Hari pahlawan tidak hanya sekedar diperingati, akan tetapi harus diimplementasikan kedalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa contoh implementasinya dalam kehidupan sehari-hari :

1. Tidak Menyebar Hoax dan Ujaran Kebencian Mempersatukan suatu Bangsa sangatlah sulit, maka jangan coba-coba untuk memecah belah Bangsa dengan ujaran kebencian dan berita hoax. Dengan tidak menyebar berita hoax dan ujaran kebencian, maka kita telah menjadi seorang pahlawan yaitu pahlawan kebenaran.

2. Selalu Menjaga Lingkungan Sekitar Jagalah selalu lingkungan sekitar kita mulai dari kebersihan, kerapihan, sampai dengan keindahannya. Lingkungan yang telah bersih, rapih, serta indah akan membawa energi positif bagi kita semua dan jika kita menjaga hal tersebut, maka kita telah menjadi seorang pahlawan lingkungan.

3. Selalu Membuat Karya yang Berguna untuk Banyak Orang Karya dan jasa hanya akan dikenang. Jika kita tidak bisa berjasa seperti para pahlawan 10 November 1945 maka berusahalah untuk berkarya, karena setiap karya yang bermanfaat bagi banyak orang pasti akan selalu dikenang dan menjadi berkah dunia akhirat.

Masih banyak lagi contoh implementasi jiwa kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

CitoXpress akan selalu menjadi pahlawan bagi para pelanggan. Seluruh karyawan CitoXpress akan selalu bekerja dengan jujur, sungguh-sungguh, dan selalu kreatif dalam menjalankan tugas agar semua service yang ditawarkan sesuai dengan harapan pelanggan.

Selamat Hari Pahlawan

CITOXPRESS PASTI BISA DAN HARUS

Referensi :

 https://id.wikipedia.org/wiki/Pertempuran_Surabaya

 https://www.youtube.com/watch?v=WuGaVWumaxo

 https://www.youtube.com/watch?v=NrbXImEj9o8

 

Top Management

Sample image Yekti P. Suradji
President Director
Lilik Juniarti
Finance & Accounting Director
Drs Suradji MA
HR & Operation Director
Dodi Widiantoko
Vice President Operation

 

 

Who's Online

Saat ini ada 15 guests online

Our Customers

You are here  : Home Berita Berita Hari Pahlawan