3 TIPS MENGHADAPI MUSIM KEMARAU
27 April 2023
Asuransi pengiriman darat laut udara

Hello Sahabat CitoXpress, peralihan cuaca menuju musim kemarau diprediksikan oleh BMKG maju lebih awal pada bulan April 2023 untuk wilayah NTT, NTB, Bali, dan sebagian Jawa Timur. Selanjutnya akan disusul pada bulan Mei 2023 untuk wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Barat, Banten, sebagian Pulau Sumatera bagian selatan dan Sebagian Selatan Papua.
Kondisi peralihan cuaca menuju musim kemarau ini terjadi akibat dinamika atmosfer laut hingga akhir februari 2023 lalu yang melemah.
Nah, Sahabat CitoXpress. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghadapi perubahan cuaca menuju musim kemarau yang akan datang, yuk disimak yaa!

Pertama, Bijak dalam menggunakan air

Menggunakan air dengan bijak sesuai dengan kebutuhan, dapat membantu kita mengantisipasi kekurangan air bila terjadi kekeringan pada sumber mata air di musim kemarau nantinya. Sehingga persediaan air dapat terkontrol dengan baik. Hal lain yang dapat dilakukan, seperti memanfaatkan penggunaan air kembali bekas pakai untuk menyiram tanaman.

Kedua, Hindari kegiatan yang beresiko kebakaran

Kegiatan yang beresiko kebakaran rumah dan lahan harus dihindari sebaik mungkin. Karena musim kemarau beresiko terjadi kebakaran jika tidak berhati – hati dalam bekerja. Seperti kebakaran lahan yang diakibatkan membakar sampah atau ladang dalam skala kecil dengan ketidakwaspadaan.

Ketiga, Menjaga sirkulasi udara

Ketika musim kemarau sedang berlangsung tiupan angin membawa udara panas karena pengaruh suhu lingkungan. Oleh karena itu, sirkulasi udara yang baik diperlukan untuk pertukaran keluar masuknya udara panas, agar tidak tertahan di dalam ruangan.
Nah, itulah tips yang dapat Sahabat CitoXpress lakukan untuk mempersiapkan peralihan musim menuju kemarau. Tetap semangat yaa Sahabat!

Berita Terakhir